Penyebab Keringat Berlebih dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Penyebab Keringat Berlebih dan Bagaimana Cara MengatasinyaKeringat merupakan cairan yang diproduksi oleh tubuh untuk membantu tubuh agar menjaga suhunya. Hal ini sangat biasa terjadi. Hampir semua orang yang tidak memiliki penyakit khusus mengeluarkan keringat. Namun, sayangnya ada beberapa orang yang mengeluh mengapa keringat yang dihasilkan oleh tubuhnya sangat berlebihan. Hal ini biasanya akan membuat aktivitas yang dilakukan sehari-hari terasa tidak nyaman. Penyebab keringat berlebih sebenarnya ada beraneka ragam. Para ahli sudah menjelaskan hal itu agar beberapa orang dengan kendala yang sama bisa mengatasinya.

Obat-obatan

Bila kamu mengonsumsi obat tertentu, produksi keringat juga bisa ikut meningkat. Hal tersebut dikarenakan beberapa kandungan dalam obat dapat memicu aktivitas dalam tubuh sehingga banyak keringat yang keluar. Beberapa obat yang biasanya menyebabkan banyaknya keringat yang dikeluarkan oleh seseorang adalah antibiotik, psikiatris, tekanan darah, hingga suplemen yang biasa kamu konsumsi. Bila kamu sedang mengonsumsi obat seperti yang telah disebutkan, kamu tidak perlu panik ketika tubuhmu menghasilkan banyak keringat. Ketika reaksi obat dalam tubuh sudah mulai menghilang, keringat berlebih juga pasti ikut berkurang.

Tiroid

Aktivitas salah satu kelenjar yang ada di leher, yaitu tiroid bisa menjadi penyebab mengapa kamu mengeluarkan banyak sekali keringat. Orang-orang dengan penyakit di mana tiroid memiliki aktivitas yang berlebihan biasanya ditunjukkan dengan produksi keringat yang berlebihan pula. Aktivitas tiroid yang cukup banyak akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh menjadi meningkat. Hal ini juga akan menyebabkan suhu tubuh seseorang mengalami kenaikan.

Bila suhu tubuh meningkat, Anda akan sangat mungkin mengalami banjir keringat. Biasanya penyakit tiroid super aktif atau hipertiroidisme disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya bisa disebabkan karena keturunan dan lain sebagainya. Bila kamu merasa produksi keringat cukup berlebih, kamu bisa segera menghubungi dokter untuk meminta pertolongan dan penanganan yang tepat.

Penyakit dalam kategori kronis

Bila Anda merasa produksi keringat cukup banyak padahal cuaca sedang tidak panas dan tidak banyak kegiatan yang kamu lakukan, Anda perlu segera melakukan pemeriksaan di dokter. Keringat berlebih juga bisa menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres di organ dalam tubuh. Salah satu organ dalam yang biasanya menunjukkan pertanda berupa keringat berlebih adalah penyakit jantung. Cara kerja jantung menjadi lebih keras karena ada gangguan yang terjadi. Kerja keras tersebut menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga keringat lebih banyak dikeluarkan. Bila Anda sering menemukan diri Anda menghasilkan keringat yang cukup banyak, Anda perlu merasa khawatir tentang diri Anda sendiri.

Sel kanker

Bila ada sel kanker yang tumbuh dan berkembang di tubuh Anda, bisa jadi salah satu tanda yang dikeluarkan adalah produksi keringat dalam jumlah yang lebih besar daripada biasanya. Hal ini menunjukkan adanya aktivitas dalam tubuh yang cukup banyak untuk melawan sel kanker yang ada. Aktivitas tersebut menyebabkan seseorang menjadi mengeluarkan banyak keringat padahal lingkungan di sekitarnya tidak mendukung adanya produksi keringat secara berlebihan.

Selain beberapa penyebab yang telah dijelaskan, keringat berlebih juga bisa dikarenakan adanya rasa cemas yang Anda rasakan. Rasa cemas akan menyebabkan kerja jantung menjadi lebih besar sehingga aliran darah juga menjadi lebih aktif. Bila sudah terjadi, suhu tubuh juga akan meningkat. Suhu tubuh yang panas itulah yang menyebabkan banyaknya keringat yang Anda hasilkan. Hal tersebut bisa diatasi dengan mengatur rasa cemas tersebut dengan lebih baik. Anda bisa mengaturnya dengan memperbaiki pola pernapasan yang dimiliki. Setelah itu, berangsur-angsur rasa cemas dan keringat berlebih akan berkurang.

Facebook Comments