Mau Dapat Untung Banyak dari Jual Mobil Bekas? Intip Cara Jitunya Di sini

Jual Mobil BekasMobil bekas menjadi pilihan sebagian orang karena anggaran untuk membeli mobil memang terbatas. Tapi sebagai pemilik aslinya, ada beberapa alasan kenapa mereka jual mobil bekas yang dimilikinya, seperti mau menambah dana keperluannya, mengganti mobil yang lebih baru, dan sebagainya. Tidak heran kalau kamu gampang menemukan orang-orang yang menjual mobilnya di pinggir jalan atau tempat lainnya.

Tapi menjualnya tidaklah gampang seperti mengembalikan telapak tangan. Butuh cara jitu agar kamu mendapatkan banyak untung, apalagi mau cepat terjual. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dulu agar mobil bekas kamu cepat laku dan dapat untung banyak.

  1. Cek kondisi mobil

Pastikan kamu cek dulu semua kondisi mobilnya sebelum kamu memasangnya ke iklan jualan. Setiap bagian atau komponen mobil harus kamu perhatikan baik-baik dulu, apakah ada kerusakan atau tidak. Kalau ada kerusakan, sebaiknya kamu langsung membetulkannya agar calon konsumen bisa langsung pakai, terlebih cepat laku dibeli.

Kamu pun bisa melakukan tune up mesin atau ganti oli seperti yang biasanya kamu lakukan sesuai jadwalnya. Jangan lupa cek suku cadangnya apakah masih berfungsi dengan baik, begitu juga dengan fitur yang kamu tambahkan pada mobilnya, seperti central lock, power window, dan sebagainya.

  1. Bersihkan mobil

Yang tidak boleh kamu lupakan dan wajib dilakukan adalah membersihkan mobilnya sebelum dijual. Calon konsumen pasti akan lebih berminat kalau kondisi mobil dalam keadaan bersih dan rapi, entah itu bagian interiornya, bodi, dan komponen lainnya. Sebagai orang yang jual mobil bekas, pastikan semua itu harus kamu bersihkan dulu agar terlihat lebih menarik dan seperti benar-benar terawat.

Tidak ada salahnya kamu membawanya ke tempat pencucian mobil agar terlihat lebih kinclong dari sisi dalam mau pun luarnya. Kamu yang melakukannya sendiri di rumah harus menggunakan vakum pembersih agar seluruh debu dan kotoran yang menempel pada setiap sudut bisa terangkat. Jangan lupa juga bagian karpetnya harus kamu cuci bersih dan jemur sampai kering.

  1. Survey harga

Memasang harga pada mobil bekas tidak boleh kamu patok asal-asalan. Salah menawarkan harganya, bisa-bisa kamu tidak banyak untung dari jual mobil bekas itu, bahkan sampai tidak laku dibeli. Cek dulu atau lakukan survey pasar yang bisa kamu lihat di masalah otomotif atau website-website yang menjual mobil second.

Cara lainnya yaitu langsung datang ke dealer atau show room untuk memastikan harga bekasnya. Dengan cara itu, kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi mobil yang ada di kendaraanmu. Jangan lupa tentukan harga terendah dan tertinggi untuk calon konsumen yang menanyakan harganya.

Harga terendah dimaksudkan agar saat ada yang menawar tidak terlalu jauh dari harga sebenarnya.

  1. Jelaskan kondisi mobil ke calon pembeli

Saat ada orang yang mau membeli mobil kamu, pastikan kamu menjelaskannya dengan baik dan rinci. Mereka harus tahu setiap kondisi mobil yang kamu jualkan. Jelaskan saja riwayat perawatannya dan asuransinya kalau memang ada.

  1. Siapkan dokumen kendaraan

Calon pembeli biasanya akan menanyakan dokumen kendaraan, seperti BPKB, STNK, atau surat lainnya untuk legalitas mobil kamu. Memang saat jual mobil bekas, sebagian besar penjual pasti ada yang menyediakan suratnya lengkap dan ada yang tidak. Semakin lengkap surat kendaraan kamu, maka akan semakin cepat mobil bekas kamu terjual, karena sudah terpercaya dan tidak dianggap abal-abal.

Terlihat gampang tapi tetap saja kamu harus sabar melakukannya. Kamu juga harus menggunakan strategi pemasaran yang jitu agar cepat terjual. Ada banyak cara untuk jual mobil bekas, entah itu melalui website penjualan mobil, menyediakan show room, atau melalui titip jual (pihak ketiga). Tapi kembali lagi kamu harus ikuti cara di atas agar cepat laku.

Facebook Comments