Lakukan 5 Penanganan Ini Sebelum Mengonsumsi Antibiotik untuk Diare

 

Lakukan 5 Penanganan Ini Sebelum Mengonsumsi Antibiotik untuk Diare

Ketika Anda mengalami diare, tidak perlu langsung mengonsumsi antibiotik untuk diare. Pada umumnya, diare akan sembuh tanpa mengonsumsi antibiotik. Beberapa penanganan utama ini justru sangat dianjurkan sebelum mengonsumsi antibiotik. Pemberian antibiotik bisa dilakukan apabila diare sudah parah lebih dari 5 hari asal dengan rekomendasi dokter.

  1. Minum Oralit

Oralit merupakan bahan pertama yang digunakan untuk penanganan diare. Larutan air dan garam ini mampu meredakan diare dan menyembuhkannya. Obat untuk mengatasi diare ini mampu mengganti cairan tubuh yang hilang dan menetralkan cairan dalam tubuh. Jika bersedia, Anda bisa membuat oralit sendiri di rumah tanpa harus membeli produk di apotek.

  1. Mengonsumsi Sup Hangat

Sup hangat juga sangat baik untuk mengatasi diare. Sup yang disajikan dalam kondisi hangat tentu akan menghangatkan suhu tubuh dan mengurangi rasa mulas. Cairan dalam tubuh yang hilang akibat diare juga bisa diatasi dengan mengonsumsi kuah sup. Dengan penanganan ini, Anda tidak akan mengalami dehidrasi akibat hilangnya cairan saat mengalami diare.

  1. Mengonsumsi Pisang dan Kentang

Potasium sebagai sumber energi tubuh juga bisa berkurang akibat diare. Oleh karena itu, Anda dianjurkan mengonsumsi pisang dan kentang untuk mengganti potasium yang hilang. Tercukupinya energi juga akan meningkatkan stamina, sehingga diare bisa cepat sembuh tanpa harus mengonsumsi antibiotik untuk diare. Infeksi akibat bakteri juga akan mereda.

  1. Menghindari Makanan Pedas

Makanan pedas adalah pemicu diare. Kadar pedasnya justru akan memperparah diare karena mengakibatkan kekebalan usus atau bagian pencernaan mengalami peradangan. Hindarilah mengonsumsi makanan pedas saat mengalami diare merupakan penanganan yang harus diperhatikan.

  1. Menghindari Konsumsi Susu

Susu memang baik untuk kesehatan, namun harus dihindari oleh penderita diare. Hal ini disebabkan karena ketika mengalami diare, organ pencernaan tidak bisa mencerna laktosa susu dengan baik, sehingga menyebabkan perut mulas dan memicu diare. Untuk itu, gantilah dengan mengonsumsi fermentasi susu, yaitu yoghurt yang mengandung probiotik.

Langkah penanganan utama ketika mengalami diare tersebut perlu dilakukan agar diare segera sembuh. Istirahatlah yang cukup dan penuhi cairan tubuh yang hilang. Apabila diare tak kunjung sembuh dan hampir seminggu, maka konsultasikan ke dokter terkait pemakaian antibiotik untuk diare.