Kerugian Membeli Asuransi TLO Mobil Baru Yang Harus Diketahui

Asuransi TLO Mobil BaruSecara umum asuransi kendaraan dibagi menjadi dua yaitu asuransi total loss only dan asuransi comprehensive. Kedua jenis asuransi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda pasti mengalami kebingungan, jenis asuransi apa yang harus dipilih untuk mobil baru anda. Untuk mobil baru sebaiknya memilih asuransi comprehensive. Karena lebih menguntungkan dibandingkan asuransi total loss only. Berikut beberapa kerugian bila anda memilih asuransi TLO untuk mobil baru.

Apa Itu Asuransi TLO

Sebelumnya kita akan membahas apa itu asuransi total loss only (TLO). Asuransi di mana pertanggungan yang diberikan perusahaan asuransi, hanya penggantian biaya kerusakan jika melebihi 75% dari harga tanggungan dan kehilangan kendaraan saja. jadi bila kerusakan tidak lebih dari 75%, anda tidak bisa mengajukan klaim. Berbeda dengan asuransi comprehensive, yang menanggung semua kerusakan dan kehilangan yang terjadi pada mobil anda.

Bila terjadi kerusakan kecil, seperti tergores. Anda bisa mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. Namun biaya premi asuransi comprehensive lebih besar dibandingkan TLO. Untuk mobil baru disarankan untuk memakai asuransi comprehensive. Karena bila terjadi kerusakan kecil, biaya pergantiannya membutuhkan biaya besar.

Kerugian Memilih Asuransi TLO Untuk Mobil Baru

Setelah mengetahui apa itu asuransi total loss only, sekarang anda harus tahu apa saja kerugian bila membeli asuransi ini. terutama untuk mobil baru anda.

  • Risiko Kepemilikan Mobil, Tidak Hanya Masalah Hancur dan Hilang

Mobil baru pasti akan selalu dijaga dengan baik. anda akan memastikan untuk tidak terjadi kerusakan sama sekali. Namun risiko tetap ada, pasti ada suatu hal yang membuat mobil rusak. seperti terkena goresan mobil lain, tertabrak mobil lain, kaca spion di rusak dan lainnya. pasti ada kemungkinan kerusakan lainnya. Jika anda memilih asuransi total loss only, semua kerusakan kecil tersebut tidak bisa ditanggung.

Anda bisa memperbaikinya sendiri dan terkadang biayanya cukup besar. tetapi bila anda membeli asuransi comprehensive, semua kerusakan tersebut bisa diklaim. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Karena kerusakan kecil hingga kerusakan 50%, akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  • Asuransi TLO Menyiakan Uang Pribadi Anda

Asuransi Tlo memiliki besar premi yang rendah. Memang terkesan hemat, namun bila dihitung lebih rinci bisa menyiakan uang pribadi anda. Apalagi mobil baru anda sering terjadi kerusakan kecil. Akhirnya anda harus membayar uang premi dan kerusakan yang terjadi pada mobil anda. Lebih baik untuk membayar biaya premi yang sedikit lebih mahal, tapi sudah tidak memikirkan biaya perbaikan mobil bila terjadi kerusakan.

Kehilangan dan kerusakan hingga 75% pun, jarang terjadi. apalagi untuk mobil baru yang kondisi mesinnya masih bagus. Di masa akhir asuransi, bila tidak melakukan klaim sama sekali. Uang akan hangus. Kecuali anda memilih asuransi dengan fitur pengembalian uang premi. Jadi pertimbangkan dengan baik, sehingga tidak menyia-nyiakan uang premi anda.

  • Bila Terjadi Kehilangan, Perusahaan Tidak Mengganti 100% Harga Mobil

Perlu anda tahu, bahwa klaim kehilangan mobil baru. Perusahaan tidak akan mengganti 100% dari harga mobil. Tentunya ini akan merugikan anda, apalagi asuransi tersebut untuk mobil baru. Hal ini dikarenakan harga mobil akan terus menyusut setiap tahunnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan penyusutan harga mobil. Seperti kerusakan mobil , mesin, dan lainnya.

Jadi buat anda yang ingin membeli asuransi mobil baru, lebih baik membeli asuransi comprehensive. Karena asuransi ini lebih menguntungkan dibandingkan asuransi tlo.

Facebook Comments