✅ Contoh Surat Keterangan Kerja dan 5 Manfaatnya

Tidak salah jika surat keterangan kerja dianggap sebagai salah satu dokumen penting untuk dimiliki, terutama bagi Anda yang pernah dan sedang bekerja di instansi tertentu, karena surat keterangan kerja ini seringkali menjadi persyaratan penting untuk sesuatu hal.

Contoh Surat Keterangan Kerja

contoh Surat Keterangan Kerja

Secara sederhana, surat keterangan kerja adalah bukti atau penjelasan mengenai seseorang bahwa ia pernah atau sedang menjadi bagian dari suatu instansi tertentu. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai pentingnya surat keterangan kerja, simak penjelasan berikut ini.

  • Untuk Mendukung Aplikasi Beasiswa

Ketika Anda ingin mengajukan beasiswa studi ke beberapa perguruan tinggi dalam atau luar negeri, biasanya mereka mensyaratkan para pelamar untuk menyertakan surat keterangan kerja, baik surat keterangan kerja bahasa Inggris maupun Indonesia. Ini merupakan bagian dari persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh para pelamar.

Umumnya, perguruan tinggi yang menawarkan beasiswa, mensyaratkan para pelamar untuk memberikan surat keterangan kerja minimal selama dua tahun, baik bekerja pada satu instansi maupun lebih. Bahkan, ada juga perguruan tinggi yang meminta pengalaman kerja minimal lima tahun.

Tidak hanya pada perguruan tinggi saja, perusahaan/lembaga lainnya yang menawarkan beasiswa pun juga meminta surat keterangan kerja. Ini mengindikasikan bahwa surat keterangan kerja adalah bagian terpenting yang harus dilampirkan oleh para pelamar.

  • Untuk Mendukung Pengajuan Lamaran Pekerjaan

Ketika Anda membuka lowongan kerja, baik secara offline maupun online, seperti Jobstreet, Indeed, atau lainnya, maka di dalam pengumuman tersebut sering tertera “pengalaman kerja”, apakah itu pengalaman kerja kurang dari satu tahun, atau minimal dua tahun atau lebih. Oleh karena itulah dibutuhkan surat keterangan kerja untuk menunjukkan bahwa benar Anda pernah bekerja, dan kemudian dilampirkan sebagai syarat administrasi.

Bagi perusahaan, surat keterangan kerja dibutuhkan untuk melihat apakah para pelamar sudah keluar dari perusahaan lama atau belum. Karena masih banyak juga kedapatan para pelamar yang menerapkan sistem untung-untungan saat melamar pekerjaan, dimana mereka melamar ke perusahaan lain untuk mendapatkan gaji yang lebih besar, sementara ia masih berstatus sebagai karyawan dari suatu perusahaan.

  • Sebagai Pendukung dalam Pendaftaran Perkuliahan

Terutama bagi Anda yang berstatus karyawan, dan ingin berkuliah di perguruan tinggi untuk mengambil kelas karyawan (kelas mandiri), maka di beberapa perguruan tinggi meminta surat keterangan kerja kepada Anda sebagai kelengkapan administrasi.

Dengan kata lain, surat ini disebut juga dengan Surat keterangan kerja untuk kuliah yang digunakan sebagai bukti bahwa calon mahasiswa memang merupakan seorang karyawan yang tidak bisa mengambil kelas reguler.

Biasanya, surat keterangan kerja tersebut hanya melampirkan nama dari karyawan dan nama perusahaan yang bersangkutan. Surat keterangan ini dilampirkan beserta dengan persyaratan administrasi yang lain ketika calon mahasiswa melakukan registrasi masuk perguruan tinggi.

  • Untuk Mendukung Klaim JHT

JHT (Jaminan Hari Tua) dimaksudkan untuk memastikan bahwa tersedianya dana untuk tenaga kerja yang sudah tidak produktif (tidak bekerja) lagi. Sebagian orang juga menganggap JHT berguna untuk menopang kehidupannya meskipun dalam usia produktif. Nah, untuk mencarikan dana JHT tersebut, maka salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh para peserta adalah memiliki surat keterangan kerja.

Jangan sepelekan hal ini jika Anda tidak ingin mendapatkan masalah. Sebagai contoh, ketika Anda ingin mencairkan JHT di tempat kerja (perusahaan) Anda, sementara Anda sudah keluar (mengundurkan diri) dari perusahaan tersebut, maka Anda tidak bisa mencarikan JHT di sana. Anda harus meminta surat keterangan kerja dari perusahaan kepada Dinasker.

  • Untuk Melakukan Pengajuan Kredit

Jika Anda ingin mengajukan kredit, baik di bank, perusahaan leasing, maupun koperasi, maka Anda sebagai pengaju kredit wajib untuk menunjukan surat keterangan kerja dengan struk gaji terakhir. Kenapa hal itu harus ditunjukkan? Pihak kreditur ingin melihat apakah Anda sebagai calon debitur memiliki kesanggupan dalam membayar pelunasan cicilan atau tidak.

Jangan sekali-kali Anda tidak melampirkan surat ini jika Anda tidak mau pengajuan kredit Anda ditolak. Oleh karena itu, surat keterangan kerja tersebut harus dilampirkan disamping melampirkan syarat adminstrasi yang lain.

  • Sebagai Pengganti dalam Pengajuan Dokumen Negara

Bagian terakhir dari pentingnya surat keterangan kerja adalah untuk mendapatkan dokumen-dokumen negara, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), atau kartu identitas yang lain.

Seandainya persyaratan untuk mendapatkan dokumen negara tersebut tidak terpenuhi, sebagai contoh Anda tidak memiliki keterangan surat pindah dari tempat asal, maka surat keterangan kerja bisa menjadi pengganti persyaratan. Dalam hal ini, surat keterangan kerja dibutuhkan sebagai bukti bahwa Anda layak untuk mendapatkan dokumen-dokumen negara tersebut.

Inilah penjelasan mengenai pentingnya surat keterangan kerja bagi Anda yang pernah dan sedang bekerja. Saran saya terutama bagi Anda yang sudah tidak bekerja di instansi terdahulu, segera urus surat keterangan kerja Anda. Jangan sampai menunggu ketika dibutuhkan, baru Anda mengurusnya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Facebook Comments