✅ Contoh Kata Pengantar yang Komunikatif dan Sistematis Agar Karya Tulis Tersusun Baik dan Benar

Ada banyak bagian dalam karya tulis. Salah satunya adalah kata pengantar, yang merupakan bagian penting dan harus ada dalam sebuah karya tulis. Anda pasti akan menemukannya di setiap karya tulis yang berbentuk buku. Kata pengantar terletak di bagian awal karya, sebagai ungkapan rasa syukur, rasa terima kasih, serta sambutan dari penulis kepada para pembaca karya yang telah diciptakannya. Berikut ini ulasan beserta contoh kata pengantar sebagai gambaran untuk Anda agar mampu menyusun kata pengantar yang baik dan benar untuk karya Anda.

Bagi Anda yang akan menulis skripsi, tesis, disertasi, atau karya tulis ilmiah, dapat memahami tata cara penulisan kata pengantar yang sesuai dengan tata aturan. Bagi para penulis karya berbentuk buku, seperti biografi, novel, dan buku antologi, juga harus mempelajarinya untuk menciptakan karya yang baik. Ingin mengetahui lebih lanjut? Berikut adalah tips membuat kata pengantar yang komunikatif dan sistematis sekaligus contohnya untuk Anda.

  1. Membaca Referensi Mengenai Kata Pengantar

Referensi sangat diperlukan sebagai modal untuk mampu menyusun kata pengantar yang benar. Anda dapat membaca buku panduan khusus penulisan kata pengantar ataupun melihat kata pengantar yang ada pada buku atau karya lain berbentuk buku (novel, biografi, antologi, dsb). Selain itu, Anda dapat membaca referensi dari media elektronik dengan memanfaatkan jaringan internet. Berbagai rujukan dari website terpercaya dapat digunakan sebagai bahan bacaan.

  1. Memahami Isi Kata Pengantar

Apa sajakah isi kata pengantar? Dalam setiap karya tulis (buku, makalah), dicantumkan beberapa paragraf di bagian awal. Paragraf tersebut berisi ungkapan rasa syukur dari penulis kepada Tuhan atas kesempatan yang diberikan, ungkapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung, serta sambutan dari penulis kepada para pembaca karyanya. Dengan mengetahui urutan isi kata pengantar tersebut, Anda akan mudah dalam menyusunnya. Penulisan kata pengantar berdasarkan urutan di atas dapat menghasilkan susunan yang sistematis, sehingga nyaman dibaca.

  1. Mengerti Kriteria Penulisan Kata Pengantar

Bagaimana kriteria penulisan kata pengantar yang benar? Setiap hal selalu mempunyai kriteria sebagai standar dalam menentukan atau membuat sesuatu. Adapun beberapa hal yang menjadi kriteria dalam penyusunan kata pengantar adalah bahasa yang digunakan harus formal. Pemilihan kata dan penyusunannya juga jangan bertele-tele, sehingga menghasilkan kata pengantar komunikatif. Selain itu, kriteria penyusunan secara sistematis atau runtut juga harus Anda penuhi.

Contoh Kata Pengantar Singkat

Contoh sangat penting untuk menggambarkan teori yang ada, sehingga lebih mudah dipahami. Berikut ini salah satu contohnya.

Kata Pengantar

            Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan buku berjudul “Apa itu Creative Writing? Kenali Lebih Dalam!”, tanpa halangan suatu apapun. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah berpartisipasi dan mendukung tersusunnya buku ini. Pembaca yang budiman, kami sangat berharap bahwa buku ini dapat memberikan manfaat dalam bidang kepenulisan, khususnya dalam hal teknik creative writing. Dengan terbitnya buku ini, kami berharap bahwa dunia kepenulisan dapat berkembang. Meskipun demikian, kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam buku ini. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan demi perbaikan di masa yang akan datang. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga buku ini dapat menjadi sumber literasi yang mudah dipahami oleh setiap pembacanya, sehingga mampu digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis. Kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam hal penulisan kata ataupun penggunaan kata-kata yang kurang berkenan.

                                                                                                Yogyakarta, 10 Juli 2018

Hormat kami,

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah PKN

Contoh Kata Pengantar Laporan

Contoh Kata Pengantar Laporan

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Contoh Kata Pengantar Skripsi 2

 

 

Menyusun Kata Pengantar

Setelah mengetahui dan memahami isi kata pengantar secara keseluruhan, memahami kriteria penulisan, serta mencermati contohnya, Anda dapat memulai menyusun kata pengantar untuk karya Anda. Upayakan untuk menyusunnya dengan sistematis sesuai dengan pedoman dari referensi yang dibaca. Selebihnya, Anda dapat berkonsultasi dengan pihak yang paham mengenai tata tulis kata pengantar dengan baik dan benar. Dengan demikian, usaha Anda untuk menyusun kata pengantar yang memenuhi kriteria akan berhasil.

Berbagai hal yang telah dipaparkan di atas merupakan suatu paket kemudahan bagi Anda dalam menyusun kata pengantar sesuai aturan dan kriteria yang tepat. Berawal dari membaca, akhirnya mengerti, dan mampu menyusun kata pengantar adalah rangkaian manfaat yang dapat Anda peroleh.

Contoh kata pengantar yang disajikan dalam artikel ini juga dapat memberikan pedoman kata pengantar yang komunikatif dan sistematis. Alangkah baiknya, Anda terus belajar dan mencoba untuk menghadirkan kata pengantar yang terbaik, apalagi bila digunakan untuk karya perdana Anda. Try and try again!

Facebook Comments