✅ Contoh Daftar Riwayat Hidup dan 5 Unsur yang Harus Ada di Dalamnya

Daftar riwayat hidup atau biasa disebut curriculum vitae, merupakan salah satu isi dari dokumen penting. Daftar riwayat hidup ini berisi data diri lengkap yang sangat penting dan dibutuhkan sebagai syarat dalam berbagai kepentingan, seperti melamar pekerjaan, persyaratan memperoleh beasiswa, persyaratan kursus, dan sebagainya. Sangat penting, bukan? Oleh karena itu, perlu untuk memulai memahami contoh daftar riwayat hidup yang benar dan sistematis.

Dalam artikel ini akan dibahas informasi seputar unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah daftar riwayat hidup. Adapun penyertaan contoh yang dapat dilihat dan dipahami. Penyertaan contoh tersebut diharapkan menjadi penjelas, sehingga memudahkan Anda dalam memahami penyusunan curriculum vitae. Apabila sudah mengetahui unsur-unsurnya secara keseluruhan, maka akan mudah dalam membuat CV untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Lalu, apa saja unsur penting yang harus ada dalam daftar riwayat hidup? Inilah 5 unsur yang sangat penting dan harus dicantumkan secara lengkap.

  1. Identitas Diri

Hal pertama yang ditulis dalam daftar riwayat hidup adalah identitas diri. Identitas merupakan hal yang sangat penting, di mana sangat dibutuhkan sebagai informasi dasar bagi setiap orang. Identitas diri harus ditulis dengan benar, sehingga menghasilkan daftar riwayat hidup yang runtut.

Urutan dalam penulisan data diri adalah nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, agama, status perkawinan, pekerjaan (kecuali CV lamaran kerja), kewarganegaraan, nomor telepon/HP, dan alamat e-mail. Setiap item tersebut harus dicantumkan dengan sebenar-benarnya dan lengkap, sebagai pelengkap dokumen penting.

  1. Riwayat Pendidikan

Setelah mencantumkan identitas dengan sebenar-benarnya dan lengkap, maka selanjutnya adalah mencantumkan riwayat pendidikan. Anda dapat menuliskan rincian berupa rekam jejak pendidikan formal ataupun nonformal yang sudah dilalui. Untuk pendidikan formal, tuliskan rekam jejak pendidikan dengan urut dari awal hingga pendidikan terakhir yang Anda tempuh, misalnya dari SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Apabila Anda mempunyai pendidikan nonformal, maka cantumkan juga secara urut berdasarkan tahun. pendidikan nonformal tersebut misalnya kursus atau training.

  1. Pengalaman Kerja dan Organisasi

Poin selanjutnya yang harus ada dalam daftar riwayat hidup yang benar adalah pengalaman kerja dan organisasi. Poin ini merupakan pertimbangan yang digunakan dalam penyeleksian, sehingga Anda harus mencantumkannya agar mempunyai poin tambahan sebagai pendukung. Pengalaman kerja dapat menjadi gambaran bagi tim penyeleksi untuk menilai kualitas diri Anda, sedangkan pengalaman organisasi dapat mendukung kepercayaan penyeleksi atas kemampuan sosial Anda dalam hal bekerja dengan tim.

  1. Prestasi dan Potensi Diri

Prestasi dan potensi diri merupakan dua hal yang tak kalah penting dengan poin lainnya. Keduanya merupakan unsur penting daftar riwayat hidup yang sangat dibutuhkan untuk mendukung Anda untuk memperoleh poin tambah, sehingga impian tercapai. Hal yang perlu diingat adalah cantumkan data tersebut dengan benar, tanpa ada kebohongan. Sampaikan apa adanya agar jalan Anda di kehidupan selanjutnya tetap lancar.

Daftar riwayat hidup yang benar akan mencamtumkan prestasi dan potensi diri dengan sistematis berdasarkan tahun perolehan. Selanjutnya, potensi diri yang dapat dicantumkan dalam CV diharapkan hal yang dapat mendukung tercapainya tujuan Anda, baik hard skill, maupun soft skill.

  1. Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap dan Runtut

Setelah mengetahui apa saja poin penting yang harus ada dalam CV dan memahami penjelasan dalam penulisannya yang baik dan sistematis, selanjutnya adalah membaca berbagai contoh mengenai daftar riwayat hidup. Sebagai penjelas, Anda dapat memperhatikan contoh dari daftar riwayat hidup berikut ini.

Daftar Riwayat Hidup

Nama                           : Nino Ferlando

Tempat, tanggal lahir  : Tangerang, 30 Juni 1995

Jenis Kelamin              : Laki-laki

Alamat                                    : Jalan Martapura No. 106, Tangerang

Agama                         : Islam

Status Perkawinan      : Belum menikah

Pekerjaan                     : Wiraswasta                (kecuali CV lamaran pekerjaan)

Nomor Telepon           : 085452901300

E-mail                          : [email protected]

Riwayat Pendidikan

  1. 2001-2007 : SDN 1 Sukma Jaya
  2. 2007-2010 : SMPN 1 Tangerang
  3. 2010-2013 : SMAN 1 Tangerang
  4. 2013-2017 : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

Pengalaman Kerja

  1. Magang di PT Wajar Sejahtera selama 1 tahun.

Pengalaman Organisasi

  1. Ketua Karya Ilmiah Remaja

Prestasi

  1. Juara 2 Lomba Rancang Bangun Mesin Pertanian Tingkat Nasional Tahun 2015
  2. Juara 1 Lomba Desain Mesin Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016
  3. Juara 1 Karya Ilmiah Remaja Tingkat Nasional Tahun 2016

Potensi Diri

  1. Mampu berbahasa Inggris aktif, maupun pasif.
  2. Mampu mengoperasikan komputer dan mengetahui perkembangan teknologi.
  3. Mampu bekerja dalam tim dan sesuai target.

Keseluruhan bagian yang telah dipaparkan di atas dapat memberikan informasi bagi Anda seputar hal-hal penting yang harus ada dalam daftar riwayat hidup. Penyusunan daftar riwayat hidup juga harus sesuai dengan kriteria yang benar, yaitu sebenar-benarnya dan lengkap. Contoh daftar riwayat hidup tersebut dapat digunakan sebagai pedoman bagi Anda dalam melengkapi persyaratan yang diperlukan. Sebagai saran, membaca referensi dan berlatih adalah cara yang tepat untuk menghasilkan daftar riwayat hidup sesuai kriteria dan dapat mendukung dengan kelengkapan informasi di dalamnya.

Facebook Comments