✅ 50+ Contoh Latihan Gambar Mewarnai dalam Membentuk Kecerdasan Anak

Banyak hal yang mampu dilakukan si kecil dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Contoh latihan gambar mewarnai adalah salah satu kegiatan positifnya. Sebagai orang tua, Anda perlu menemaninya berlatih menuangkan ide ke dalam gambar yang berwarna. Kegiatan menggambar dan mewarnai bersama akan menyenangkan dan membentuk kecerdasan anak.

Melakukan rutinitas positif yang menunjang kecerdasan buah hati adalah hal efektif dilakukan, terlebih sejak periode emasnya. Kemampuan otak akan meningkat bersama dengan peningkatan kemampuan motoriknya. Anjuran ini sangat membantu anak untuk mengembangkan dirinya. Selengkapnya, inilah manfaatnya bagi kecerdasan buah hati Anda.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Kecerdasan adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang. perkembangan otak anak dapat dioptimalkan sejak dini. Keseimbangan kemampuan otak kiri dan kanan sangat penting karena merupakan dua kemampuan yang bisa saling bersinergi dengan baik. Kualitas diri akan semakin baik jika bisa menyeimbangkan keduanya.

Latihan menggambar dan mewarnai termasuk pengembangan otak kanan yang berperan dalam emotional quotient (EQ). Peran otak kanan melengkapi peran otak kiri sebagai pengembang intelligence quotient (IQ). Dalam perannya, otak kanan menunjang kemampuan intuitif, merasakan, memadukan, dan berekspresi (menyanyi, menari, dan melukis).

Berdasarkan peran otak kanan, sudah jelas bahwa kegiatan melukis masuk dalam kemampuan berekspresi dan dikembangkan oleh otak kanan. Pertambahan sel otak kanan akan mengoptimalkan kreativitas. Peningkatan kreativitas ini dapat ditunjang dengan melakukan kegiatan gambar mewarnai secara rutin.

Contoh Gambar Mewarnai Buah – Buahan

mewarnai gambar buah dalam piring

Gambar mewarnai buah

Gambar Buah-buahan pisang Untuk Diwarnai

Contoh Gambar Mewarnai Hewan

Contoh Gambar Mewarnai Ikan

Contoh Gambar Mewarnai Kelinci

Contoh Gambar Mewarnai Katak

Contoh Gambar Mewarnai pemandangan

Contoh Gambar Mewarnai pemandangan

Contoh Gambar Mewarnai pemandangan

Mewarnai Gambar Pemandangan Pantai

Kreativitas dalam kegiatan melukis ini dapat dibentuk melalui rutinitas menggambar dan mewarnai. Anda dapat melatih anak untuk melakukan rutinitas menggambar sekaligus mewarnai gambar buatannya. Untuk memulai kegiatan positif ini, Anda dapat meningkatkan ketertarikannya pada gambar dan warna. Lama kelamaan, si kecil akan menyukainya.

Peningkatan kreativitas dalam menggambar dan mewarnai dapat dimulai dengan mengamati lingkungan sekitar dan melihat berbagai lukisan. Bantulah anak bereksplorasi mengumpulkan ide-ide briliannya. Ajaklah untuk berpikir kreatif tentang objek yang akan digambar, seperti benda kesukaan, makanan atau minuman favorit, pemandangan, dan sebagainya.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Setelah mampu meningkatkan kreativitas yang merangsang kecerdasannya, proses berpikir anak bisa menjadi fokus dengan latihan menggambar dan mewarnai. Kegiatan menggambar dan mewarnai tentu dapat meningkatkan konsentrasi karena anak menjadi fokus saat menuangkan ide kreatifnya ke dalam karya lukisnya.

Apabila anak sudah tertarik untuk menggambarkan ide kreatifnya ke kertas gambar, maka dirinya akan fokus pada satu hal itu tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Jika sudah tertarik dan menyukainya, anak akan menikmati kegiatannya tersebut, sehingga konsentrasi dapat berjalan dengan baik.

Kemampuannya untuk tetap fokus ini sangat positif untuk proses berpikir ke depan. Si kecil akan terlatih untuk fokus pada kegiatan atau pekerjaan yang dihadapinya. Proses awal menggambar sampai mewarnai bisa diselesaikan dengan baik melalui bimbingan orang tua atau guru.

Memuji hasil karyanya bisa menjadi umpan positif untuk meningkatkan ketertarikan, sehingga konsentrasinya ikut meningkat. Motivasi ini mampu membangkitkan daya fokusnya agar hasil karyanya semakin menakjubkan. Dengan demikian, anak terbiasa berupaya untuk berkonsentrasi yang dimulai dari latihan gambar mewarnai sejak dini.

  1. Melatih Mengenal Garis dan Bidang

Menggambar dan mewarnai tentu erat kaitannya dengan garis dan bidang. Ketika anak dilatih untuk menggambar, tentu saja akan mengenal yang namanya garis dan bidang. Anda dapat membantu si kecil untuk memahami perihal garis dan bidang. Berilah pengetahuan mengenai apa itu garis, jenis-jenisnya, dan bagaimana cara membuat berbagai macam garis.

Setelah mengenalkan seputar garis, Anda harus mengenalkannya pada bidang. Berbagai macam garis tersebut bisa membentuk aneka bidang atau objek. Karena gambar merupakan karya dua dimensi yaitu mempunyai panjang dan lebar, maka bidang atau objek yang digambar memang tidak mempunyai ruang atau volume.

Anda dapat mengenalkan garis lurus, zig zag, melengkung, siku-siku, dan sebagainya. Latihlah si kecil agar mampu membuat garis tersebut. pengenalan berbagai bidang atau objek, seperti persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga, jajargenjang, dan sebagainya.

Kemampuan menggambar bidang ini bisa dioptimalkan untuk menggambar berbagai macam gabungan objek, seperti rumah, matahari, buah, dan sebagainya. Anda bisa mengajak dan membiasakan si kecil untuk terus menggambar dengan baik agar pengenalan terhadap garis dan bidang lebih optimal.

  1. Membantu Mengenal Perbedaan Warna

Kegiatan selanjutnya setelah si kecil menggambar adalah mewarnai. Pewarnaan gambar ini umumnya sangat disukai anak. Asyiknya menerapkan beragam warna sangat diminati anak. Untuk menghasilkan karya lukis yang optimal, kenalkanlah anak pada beragam warna. Mulailah dengan pengenalan warna dasar yang berjumlah 10 warna.

Apa sajakah 10 warna tersebut? Anda dapat menunjukkan warna tersebut beserta namanya yaitu hitam, putih, cokelat, ungu, abu-abu, biru, hijau, merah, kuning, dan jingga. Beragam warna tersebut bisa dikembangkan lagi apabila anak sudah mulai lancar mengenal warna-warna tersebut. Warna lainnya adalah versi warna tua dan muda yang bisa dijadikan gradasi.

Berilah pemahaman pada anak mengenai penerapan warna pada benda. Sebagai contoh, berikan pengertian bahwa matahari itu berwarna jingga kemerahan, daun dan rumput berwarna hijau, pohon berwarna cokelat, dan sebagainya.

Setelah mengenal berbagai macam warna, Anda dapat mengenalkan berbagai peralatan mewarnai. Tersedia beragam jenis metode pewarnaan yang bisa dikenalkan. Anda bisa mengenalkan pensil warna, crayon, spidol, serta pastel yang mempunyai aneka ukuran. berbagai alat mewarnai tersebut bisa dipadukan satu sama lain sesuai perannya.

Usahakan anak memahami bahwa objek yang sempit diwarnai dengan pensil warna atau spidol dan objek yang berukuran besar diwarnai dengan pastel atau crayon. Setelah itu, dampingi anak untuk mulai mewarnai dengan pemilihan warna yang tepat di setiap objeknya. Dengan demikian, latihan gambar mewarnai jadi makin asyik.

  1. Melatih Kemampuan Koordinasi

Manfaat berikutnya dalam latihan menggambar dan mewarnai ini adalah melatih kemampuan koordinasi pada anak. Kemampuan berkoordinasi ini sangat penting dilatih karena berkaitan dengan penyelesaian kegiatan atau pekerjaan dengan baik dan sistematis. Setelah menggambar, pastikan anak semakin tertarik untuk mempercantiknya dengan warna.

Ketika menggambar, anak berkesempatan untuk menuangkan imajinasi atau ide kreatifnya ke dalam bentuk gambar. Setelah gambarnya jadi, anak dapat memberikan warna yang sesuai dengan objek yang digambar. Kedua hal ini membutuhkan koordinasi yang baik antara otak dan anggota gerak.

Pikiran kreatif yang berasal dari otak akan diproses, kemudian dituangkan dalam bentuk gerak oleh anggota gerak yaitu tangan. Keterampilan tangan untuk menuangkan ide secara optimal merupakan hasil dari koordinasi yang baik dan seimbang.

Pada kegiatan menggambar, anak bisa dilatih cara memegang pensil yang baik untuk menghasilkan gambar yang rapi dan bagus, bahkan menarik. Menggambar juga tidak bisa lepas dari kesalahan. Untuk itu, ajarkan juga cara menghapus garis yang salah agar bisa menghapus dengan bersih tanpa merobek kertas gambar.

Pada kegiatan mewarnai, latihlah buah hati untuk memegang pewarna dengan benar dan nyaman. Setelah itu, bantulah anak untuk mewarnai dengan cara yang benar yaitu tidak keluar dari batas garis objek. Hal ini memang membutuhkan proses karena berkaitan dengan kemampuan anak untuk lebih telaten dan cermat dalam mewarnai objek tanpa keluar garis.

  1. Mengembangkan Kemampuan Motorik

Manfaat latihan gambar mewarnai dalam membentuk kecerdasan adalah dengan mengembangkan kemampuan motorik anak. Setelah melatih anak untuk mampu berkoordinasi antara pikiran dengan gerakan tangan, kegiatan menggambar dan mewarnai dapat dijadikan kegiatan berkala agar kemampuan motoriknya optimal.

Kemampuan motorik atau gerak ini dapat dikembangkan mulai dari gerakan halus sampai yang biasa. Dalam mengembangkan kemampuan motorik ini, diharapkan Anda mampu melatih anak melalui teknik menggambar dan mewarnai yang benar. Teknik ini dapat diajarkan mulai dari yang sederhana hingga yang rumit sesuai dengan tingkat usianya.

Pelatihan secara terus menerus akan membuat si kecil terbiasa menggunakan tangannya untuk melakukan semua hal mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Dengan menggambar dan mewarnai, otot tangan akan tahan melakukan kegiatan di setiap prosesnya hingga selesai. Jari tangan juga semakin terampil dalam melakukan berbagai kegiatan.

  1. Menyegarkan Pikiran

Walaupun belum banyak yang dipikirkan, bukan berarti anak tidak mempunyai beban pikiran. Kejenuhan pasti akan dirasakan walau sedikit saja. Rasa jenuh pada usia anak-anak ini umumnya ditimbulkan karena rasa bosan akibat kegiatan yang monoton. Keterbatasan waktu untuk bermain di luar rumah juga bisa menimbulkan rasa bosan.

Apabila rasa jenuh tersebut dibiarkan terus menerus, maka bukan tidak mungkin terjadi akumulasi stres yang membuat anak murung. Latihan gambar mewarnai justru hadir sebagai solusi penghilang stres yang diakibatkan oleh rasa jenuh. Rasa bosan sebagai penyebabnya juga akan hilang karena kegiatan menggambar dan mewarnai yang sangat mengasyikkan.

Sebagai orang tua, Anda dapat melatih anak menggambar sekaligus mewarnai sebagai upaya untuk menyegarkan pikirannya. Kesegaran pikiran ini mampu menghilangkan rasa jenuh bahkan stres. Keceriaan si kecil akan kembali hadir ketika melakukan kegiatan seru. Ciptakanlah rasa ketertarikan dari diri anak terhadap kegiatan menggambar dan mewarnai.

Anda bisa mengajarkan menggambar berbagai objek yang menarik menurut si kecil. Sebagai permulaan, ajaklah si kecil untuk menggambar buah, sayuran, dan objek sederhana seperti bentuk-bentuk geometri. Dengan demikian, kegiatan menggambar semakin asyik karena anak antusias untuk menggambar objek yang disukainya dan beraneka ragam.

Ketertarikan anak justru semakin besar ketika sudah memasuki tahap mewarnai. Bermain warna memang umumnya disukai anak-anak. Bagi anak yang belum mampu menggambar, Anda bisa mengajarkannya untuk mewarnai terlebih dahulu. Belikan saja buku mewarnai karena ada beragam gambar di dalamnya untuk bisa diwarnai.

  1. Melatih Mengekspresikan Diri

Tak hanya sebagai sarana hiburan saja, kegiatan seru seperti menggambar dan mewarnai sangat efektif sebagai media mengekspresikan diri. Ketika mengajak anak menggambar, tentu saja Anda akan mengenalkan berbagai bidang atau objek untuk digambar. Setelah itu, ia akan tertarik dan mampu menentukan sendiri objek yang menurutnya menarik untuk digambar.

Pemilihan objek sesuai dengan selera atau keinginannya ini merupakan pengembangan kecerdasan anak yang sudah mulai mampu mengekspresikan diri. Menuangkan ekspresi diri lewat menggambar adalah hal yang positif. Anak akan memahami dirinya dan kesukaannya. Bahkan, ia dapat menggambar objek yang berkaitan dengan hal-hal yang disukainya.

Kemampuan berekspresi ini sangat mengasyikkan, terlebih jika gambar juga diwarnai. Karenanya, latihan mewarnai sangat penting diterapkan pada anak secara berkelanjutan. Anda dapat mengenalkan aneka warna agar anak bisa mengekspresikan warna-warna ke dalam gambar. Pemakaian warna favorit juga dapat dilakukan karena bebas berekspresi.

Kebebasan berekspresi memicu kreativitas si kecil untuk terus meningkatkan kecerdasannya. Kegiatan menggambar yang menuntut pemilihan objek juga memicu anak dalam memahami hal yang disukai. Karena semakin ingin mengembangkan kemampuan menggambarnya, si kecil akan terus menggali ide demi menghasilkan karya hasil ekspresi diri.

  1. Meningkatkan Kapasitas Diri dalam Hal Seni

Kapasitas diri ini bisa diperkaya sejak dini. Pengembangan kecerdasan melalui berbagai hal sesuai tingkat usia tentu saja mampu meningkatkan kapasitas diri secara optimal, seperti halnya kegiatan menggambar dan mewarnai. Latihan gambar mewarnai yang dilakukan sejak dini ini mampu meningkatkan kapasitas diri dalam hal seni.

Melukis atau menggambar adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan dan terbilang seru serta menantang. Permainan garis, objek, dan warna berpadu menjadi satu kesatuan karya yang mengagumkan. Penghargaan diri bisa dilakukan setelah anak mampu menghasilkan karya terbaiknya.

Anda harus mendorong si kecil agar mampu menghasilkan karya petamanya dengan baik. hal ini bisa diupayakan dengan memotivasinya dan memberinya contoh. Tingkatkan ketertarikan si kecil untuk mempunyai karya hasil kreativitasnya sendiri. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan usia, si kecil akan semakin terampil dalam seni lukis.

Keterampilannya dalam seni lukis ini sangat positif untuk menambah daftar kemampuannya. Hal ini akan berguna untuk masa depannya nanti. bahkan, jika kemampuannya ditingkatkan secara terus menerus, maka bukan tidak mungkin akan menjadi talenta tersendiri dalam hal seni lukis. Pengembangan kemampuan ini bisa dilakukan dengan latihan rutin.

Anda bisa membimbing anak untuk terus berlatih menggambar dan mewarnai. Jika ternyata anak Anda berkompeten di bidang ini, berikan pelatihan melukis dari seorang yang profesional. Dengan cara ini, anak akan termotivasi dan mempunyai ruang untuk berekpresi sekaligus mengembangkan kemampuan diri lewat hobi yang digelutinya.

  1. Melatih Membuat Target

Apa itu target? Target adalah sesuatu yang harus dicapai melalui serangkaian proses yang sistematis. Dengan penentuan target, seseorang akan mampu mencapai tujuannya dengan optimal dan sesuai dengan rencana. Karenanya, penentuan target sangat penting. Berkaitan dengan hal ini, Anda bisa melatih anak untuk membuat target kegiatannya sejak dini.

Penentuan target ini terkait dengan pelaksanaan kegiatan sesuai usianya. Kegiatan positif sepert menggambar dan mewarnai dapat ditargetkan untuk diselesaikan dalam waktu yang ditentukan dengan memenuhi beberapa kriteria. Bahkan, target bisa dalam bentuk kuantitas, seperti menghasilkan dua gambar dalam seminggu.

Hal tersebut sangat efektif dalam melatih anak agar terbiasa dalam menyelesaikan tugas atau kegiatannya sesuai perencanaan. Latihan menentukan target yang dilakukan sejak dini ini akan membiasakan anak untuk melakukan kegiatan secara efektif dan sistematis. Apabila sudah mampu memenuhi target, Anda dapat memotivasi si kecil untuk meningkatkan target.

Peningkatan target ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan si kecil. Ketika ia sudah terbiasa dan suka menggambar serta mewarnai, maka tidaklah keberatan untuk meningkatkan target demi perbaikan kualitas dan kuantitas karya seninya. Sangat positif, bukan?

Banyak hal dapat dibentuk melalui latihan gambar mewarnai. Si kecil akan terbiasa melakukan kegiatan positif yang mampu meningkatkan kapasitas dirinya. Kegiatan ini mampu membentuk minat si kecil terhadap seni lukis atau bahkan meningkatkan bakat menggambar mewarnai yang memang sudah ada dalam diri si kecil.

Facebook Comments