3 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna yang Paling Populer

3 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna yang Paling Populer

Kepulauan Natuna pernah menjadi perbincangan di tanah air karena beberapa kontroversi tentang letak geografisnya. Meski begitu, kepulauan yang juga memiliki markas TNI di salah satu pulaunya ini ternyata menyimpan banyak destinasi indah yang wajib dikunjungi. Berikut ini tempat wisata di Kepulauan Natuna yang paling populer.

  1. Alif Stone Park

Ikon legendaris yang menjadi andalan kepulauan Natuna ini berupa hamparan batu granit yang mirip dengan gugusan pulau kecil. Paduan pantai berpasir putih, air laut yang jernih serta batuan granit di sini akan memanjakan mata Anda. Nama Alif sendiri diambil dari sebuah batu granit besar di tengah laut yang menyerupai huruf hijaiyah itu.

Pihak daerah setempat membuat jembatan kayu yang menghubungkan antara satu batu dengan batu lainnya. Terletak cukup dekat dengan kota Ranai yang merupakan ibukota Kepulauan Natuna, hamparan batu granit ini terbentang di sepanjang pesisir pantai desa Sepempeng, pulau Bunguran.

  1. Pantai Teluk Buton

Tak hanya memiliki lanskap pantai yang memesona, kepulauan Natuna juga menyimpan banyak situs sejarah di sekitar pulaunya. Salah satunya adalah pantai Teluk Buton yang terletak di wilayah Bunguran Utara ini. Pulau ini juga memiliki jejeran pulau kelapa yang menambah kesan tenang dan damai saat menginjakkan kaki di pasir putihnya.

Pantai Teluk Buton ini merupakan tempat wisata di Kepulauan Natuna yang memiliki banyak peninggalan sejarah baik di dalam laut maupun pesisir pantainya. Menghadap langsung dengan laut Cina Selatan, kawasan laut di sekitar pantai Teluk Buton ini telah dinobatkan sebagai Cagar Budaya Bawah Air oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

  1. Pantai Batu Kasah

Pantai Batu Kasah ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik yang ada di kepulauan Natuna. Memiliki batuan granit dan deretan pohon kelapa yang apik di sepanjang pesisirnya, pantai ini mampu mewakili keindahan Kepulauan Natuna yang amat memesona. Pasir putih yang halus dengan ombak tenang akan menyambut Anda saat menginjakkan kaki di pantai ini.

Membutuhkan waktu tempuh 1.5 jam dari kota Ranai, ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Mulai dari olahraga air hingga pendakian granit. Air lautnya yang bening seperti kaca juga tampak menjelma menjadi akuarium raksasa memperlihatkan keindahannya.

Itulah beberapa tempat wisata di Kepulauan Natuna yang paling populer saat ini. akses menuju kepulauan ini masih sedikit sulit. Namun Anda bisa menaiki pesawat kecil dari kota Batam, Kepulauan Riau selama kurang lebih satu jam untuk bisa sampai ke gugusan pulau penuh pesona ini.